Menteri
Koperasi dan UKM Teten Masduki menilai daya saing brand-brand lokal UMKM
semakin tinggi di tengah gempuran produk-produk impor yang membanjiri pasar
melalui platform online maupun offline.
Seperti
salah satu upaya yang dilakukan dan diinisiasi oleh agregator brand pakaian
lokal Clome, yang terdiri dari beberapa platform, seperti Jakcloth, Outfest,
dan Muslim Market Indonesia, dengan menggelar Indonesia Clothing Summit 2024 di
Gedung Smesco dengan menggandeng 400 brand lokal.
“UMKM
Indonesia punya daya tahan kuat menghadapi berbagai krisis, terbukti bisa jadi
pemenang. Kita sudah buktikan saat COVID-19, bekerja sama dengan berbagai
asosiasi bersama mendorong ekonomi Indonesia tetap tumbuh,” ucap Teten saat
membuka acara tersebut di Jakarta, Kamis.
Ia
menyatakan, bahwa pemerintah terus berupaya untuk melindungi produk lokal di
tengah persaingan dengan produk asing yang dijual dengan harga murah. Teten mengatakan kehadiran Indonesia Clothing Summit
2024 menjadi contoh bagi UMKM untuk berkonsolidasi dan tidak lagi memproduksi
sendiri-sendiri. “Dengan bergabung,
rantai pasok serta akses pembiayaan juga dipermudah. Karena kalau dibandingkan
produk dari luar, mereka itu sistematis, terintegrasi mulai dari logistiknya,
rantai pasok hingga pemasarannya,” ujarnya.
Tags
Joko Widodo